_

Kamis, 24 Februari 2011

Riset Pasar untuk Keuangan Mikro

Caribbean Roundtable 
10-11 Juni, 2003 

Riset Pasar untuk Keuangan Mikro: Mendeteksi Kebutuhan 
di luar angka-angka

Monique Cohen 
Peluang Keuangan Mikro 

Tata kelola viabilitas dan transformasi. Fokusnya adalah pada sisi pasokan-persamaan parameter untuk keberhasilan 
pemberian layanan keuangan mikro. tema ini adalah "riset pasar untuk keuangan mikro: mendeteksi kebutuhan di luar angka-angka '. Penelitian Pasar untuk keuangan mikro membawa kita melintasi apa yang sering terlihat seperti membagi besar, untuk sisi permintaan persamaan: yang membeli jasa LKM dan apa yang mereka inginkan? Hanya baru-baru ini bahwa banyak di industri telah mengakui bahwa pada akhirnya, kesuksesan tergantung pada tidak hanya mendapatkan orang-orang di pintu depan, namun tetap mereka di sana dengan produk yang masuk akal bagi mereka. Jelas, ya, tapi lama diabaikan.   
  
Dalam hal ini menyentuh pada empat hal: 
1. Alasan munculnya agenda lebih keuangan mikro pasar yang dipimpin. 
2. Pertanyaan-pertanyaan penting untuk memahami klien. 
3. Menggunakan riset pasar untuk memahami perhubungan antara:
a. klien dan produk, 
b. klien dan institusi, dan 
c. klien dan pasar. 
4. Alat untuk dan biaya melakukan riset pasar. 
Berdasarkan model industri donor atau produk-memimpin 

produk norma yang berlaku adalah "satu ukuran cocok untuk semua." Ketaatan pada paradigma ini membuat 

satu sektor keuangan mikro dari beberapa bisnis produk-driven yang tersisa di dunia. 
dorongan untuk menjauh dari fokus produk yang dipimpin ke arah yang lebih pasar yang dipimpin atau agenda klien-driven telah datang dari beberapa arah: 

• Meningkatkan kompetisi antara penyedia layanan keuangan mikro dari segala macam adalah tumbuh (LSM, bank, perusahaan pembiayaan). Dengan tidak adanya produk diferensiasi dan diberi pinjaman kecil ukuran, klien cenderung untuk melompat dari satu peminjam ke lain sebagai tuntutan kas rumah tangga muncul. Mereka mungkin juga meminjam dari beberapa pemberi pinjaman karena tingkat kredit terlalu relatif kecil untuk kebutuhan. Layanan penyedia dikejutkan oleh apa yang mereka dipandang sebagai kurangnya loyalitas yang mereka percaya itu tersirat dalam kontrak sosial dan kepercayaan yang Mendasari banyak pinjaman keuangan mikro. 

• Telah ada tumbuh kesadaran di antara banyak LKM dari kesalahan mereka adalah satu-satunya permainan di kota. Dalam banyak pasar ini jelas tidak lagi terjadi karena persaingan, keuangan mikro tidak pernah satu-satunya sumber kredit. Uang pemberi pinjaman, kelompok mitra dan organisasi keuangan informal selalu memainkan peran dan terus untuk melakukannya. 

• Tingkat keluar Drop yang lebih tinggi dari yang diinginkan. Lihat di bawah ini.

Rata-rata jumlah pinjaman-siklus sebelum pinjaman yang menguntungkan
Khas tingkat drop-out: 
œ Bangladesh: pa% 5-10 (Wright, 2000) 
œ Afrika Timur: pa 30-60% (Hulme, 1999) 
œ Afrika Selatan (Propinsi Bagian Utara): 35-50% (Stark et al,. 
2003) 
Sumber: Wright Graham 

Banyak LKM yang telah menyimpulkan bahwa mereka perlu memberikan produk dan jasa yang responsif terhadap kebutuhan klien mereka. Mereka juga harus mengenali pasar peluang dan mengembangkan strategi untuk mengambil keuntungan dari kemungkinan. Menumbuhkan portofolio pinjaman dengan pelanggan yang sudah ada perlu lebih dari sekedar ukuran pinjaman yang lebih besar di interval yang ditentukan, tetapi juga harus memenuhi tantangan menyediakan akses ke lebih luas berbagai jasa keuangan. Menjadi lebih responsif terhadap klien membutuhkan pemahaman pasar seseorang: yang merupakan formal dan informal kompetisi? Ini berarti menentukan lebih tepatnya sebuah lembaga ceruk pasar, bukan hanya mengidentifikasi sebagai "unbanked 'dalam arti luas, tetapi juga mengidentifikasi segmen pasar yang "unbanked '. Di samping itu, kita mungkin perlu lebih jelas tentang apa yang "unbanked 'berarti. Apakah orang-orang yang menerima" remitansi melalui perbankan atau sistem pos 'benar-benar "unbanked'? Di ritel, hal-hal pelanggan. Mereka adalah kunci untuk tetap dalam bisnis.
Untuk "mendapatkan hak produk, mendapatkan mekanisme penyampaian layanan yang tepat dan meningkatkan pangsa pasar seseorang adalah diringkas dalam tiga pertanyaan cukup sederhana. Mereka adalah: 
! Siapa yang lembaga keuangan mikro mencapai dan yang mereka tidak mencapai? 
! Bagaimana masyarakat miskin menggunakan layanan keuangan dan apa implikasinya bagi kita yang ada dan potensi produk?   
! Bagaimana kita meningkatkan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan keuangan untuk lebih melayani kebutuhan mereka? 


Jawaban tidak hanya menginformasikan agenda keuangan mikro muncul pasar-didorong, tetapi juga menyarankan cara untuk meningkatkan skala dan kedalaman jangkauan. Dengan menyediakan lebih tepat produk dan layanan, LKM harus mampu menarik dan mempertahankan klien lebih banyak dan dengan demikian memperluas penyediaan layanan yang efektif sebagai luas spektrum orang-orang miskin sebagai mungkin. Ini termasuk mereka yang: 
• drop out karena ketidaktepatan apa yang di tawarkan; 
• tidak termasuk karena mereka tinggal di daerah yang tidak memiliki akses keuangan mikro 
jasa jenis apa pun, mungkin karena mereka daerah terlalu terpencil atau dianggap terlalu miskin; 
• klien dianggap berisiko tinggi oleh LKM, dan 
• memilih untuk mengecualikan diri. 
• Kebanyakan klien adalah moderat miskin dan rawan miskin. 
• Para ekstrim miskin umumnya tersisih. 
• Program mencapai berbagai klien, tetapi program ditargetkan mencakup lebih ekstrim miskin. 
• miskin yang berada di luar jangkauan program keuangan mikro. 
• Lebih baik off rawan miskin dan menguntungkan
Kita juga tahu bahwa: 
• Pengembangan Usaha Mikro hanya satu menggunakan pembiayaan mikro. Klien menggunakan pinjaman untuk mengurangi risiko, investasi dalam berbagai aset sosial, finansial, fisik dan manusia, seperti perbaikan rumah atau pendidikan, dan untuk mengambil keuntungan dari kesempatan karena mereka menampilkan diri. Banyak menggunakan yang mungkin lebih baik dipenuhi dengan lebih sesuai atau tersetel produk. 
• kerentanan dan risiko adalah prinsip pengorganisasian kunci untuk klien. Bersama dengan tujuan pertumbuhan seperti menstabilkan dan meningkatkan pendapatan dan aset bangunan, 
dimana klien menilai nilai jasa keuangan pada penawaran. 
• Sumber-sumber risiko dapat struktural, dapat diantisipasi krisis seperti sakit atau kematian, dan bisa tinggi biaya siklus hidup peristiwa seperti pernikahan, pemakaman atau mendidik anak- anak. 
• Rata-rata produk tidak selalu merespon realitas klien, di mana
kebutuhan dan penggunaan jasa keuangan perubahan dari waktu ke waktu

Penelitian Pasar menawarkan kita cara untuk tidak hanya memahami ini menggunakan jasa keuangan, tetapi juga bagaimana untuk memberikan produk dan layanan yang terbaik menanggapi kebutuhan tersebut. Hal ini berfokus pada preferensi pelanggan dan perilaku pelanggan keuangan dan menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk menentukan produk yang paling tepat. Juga, riset pasar dapat membantu menentukan bagaimana menilai dan mengkonsolidasikan posisi LKM di pasar. Dalam membuat kasus bahwa LKM harus melakukan riset pasar, saya pikir kami harus menghentikan sebentar dan bertanya, riset pasar untuk apa? Pada awalnya, saya memperkenalkan konsep pasar dipimpin keuangan mikro dan aku ingin kembali ke sekarang. Jika tujuannya adalah untuk menarik dan mempertahankan klien, riset pasar kita harus melihat perspektif klien pada tiga tingkat: produk, lembaga dan pasar.

Manajemen dianggap bahwa kesuksesan akan bergantung pada pelatihan klien dalam tabungan dan penganggaran. pesan kunci untuk para klien difokuskan pada: 
• pentingnya tabungan, 
• kebutuhan untuk rencana untuk menyelamatkan (memiliki anggaran), dan 
• Teba Bank dapat membantu Anda anggaran dan simpan. 
Teba Bank mengadopsi rencana untuk melengkapi staf lini depan dengan dasar-dasar keuangan Manajemen. Staf dididik kemudian bisa membantu klien mereka. Untuk mencapai hal ini.
menggunakan berbagai teknik pendidikan termasuk: 
• artikel di koran Bank, 
• buku, 
• poster,
• brosur, dan
• kompetisi untuk staf pada tabungan. 
Produk dipromosikan melalui siaran pers radio dan mensponsori seminggu tabungan.
Namun, dampak dari kampanye promosi ini jatuh jauh dari target perusahaan. Tingkat asupan klien lebih rendah daripada yang diantisipasi, alasannya: 
• Persaingan dari sektor informal maupun formal lebih besar dari diantisipasi.
• Radio terbukti menjadi medium yang baik untuk membuat orang untuk membuka rekening tetapi tidak memindahkan mereka lebih jauh ke depan,
• Staf Cabang tidak sepenuhnya terlibat dalam kampanye promosi œ tidak ada juara produk, beberapa staf "membaca 'dan dengan demikian tidak memperoleh informasi untuk menyampaikan kepada klien mereka.   
  
Pendekatan itu terlalu direktif. Bank berfokus pada apa yang mereka pikir orang perlu tahu, bukan pada apa yang orang benar-benar butuhkan. Ini tidak melakukan riset pasar untuk menilai preferensi klien untuk produk dan faktor yang dapat mempengaruhi ditetapkan. 
Ekuitas Membangun Masyarakat (EBS)di Kenya. Sebab, manajemen direksi dan staf, riset pasar telah mewakili sebuah tonggak penting dalam pembangunan, pertumbuhan dan keberhasilan institusi. Pada tahun 2000, EBS membuat usaha pertama sengaja untuk memperoleh klien akurat perspektif lembaga mereka dan produk-produknya dengan menerapkan pasar program penelitian. Dilakukan bekerjasama dengan MicroSave-Afrika, pasar ini penelitian yang dilakukan jelas terhadap Ekuitas bahwa klien yang dirasakan EBS sebagai pengisian selangit harga dan biaya pembantu untuk pinjaman mereka. Ekuitas ini bercerita bahwa ia harus mencari kembali harga dan repackage produk pinjaman, terutama kalau itu untuk melawan dan mengatasi ancaman dari SACCOs dan pesaing lainnya. 
EBS merasa bahwa prioritas adalah untuk melakukan sesuatu yang akan meredakan klien negatif persepsi dari mereka, ketika memberikan manajemen waktu untuk berpikir melalui proses pengembangan produk. Langkah pertama dan jangka pendek adalah untuk melakukan sebuah produk cepat diferensiasi latihan pada berbagai fitur produk kredit yang berkaitan dengan kebutuhan setiap segmen pasar, pemegang kecil, usaha mikro dan bekerja. Ini 
EBS menyebabkan strategi meninjau suku bunga dan biaya untuk membuat mereka lebih
transparan. Tim pemasaran telah dibebankan dengan melakukan perubahan ini dan
mengubah citra Ekuitas di pasar. Tim halus tabungan dan pinjaman menu produk yang EBS disajikan kepada klien.
inisiatif EBS's adalah:   
! Ulangan istilah-istilah pinjaman dan tabungan pada bahasa klien ramah. 
! Percetakan brosur yang menyatakan perubahan dengan produk. 
! Menampilkan tarif bank di lorong-lorong perbankan. 
Dampak dari langkah penyempurnaan produk awal adalah seorang klien sangat positif 
tanggapan terhadap Ekuitas sebagai institusi dan produk dan jasa. Selain itu, perubahan yang diperkenalkan tanpa Ekuitas pasar harus melakukan langkah-langkah perbaikan agresif baru. Sebaliknya mereka mengambil-tunggu dan lihat "pendekatan dengan inisiatif baru. Segera
setelah selesainya latihan riset pasar, jumlah rekening yang 
melompat dibuka setiap hari dari rata-rata 20œ30 menjadi sekitar 200.  
  
Dalam kedua contoh ini, tujuannya adalah penyempurnaan produk. Namun, riset pasar dapat
digunakan lebih luas dalam keuangan mikro. Baik EBS dan teba Bank telah menggunakan pasar penelitian untuk desain produk baru dan untuk menentukan kampanye pemasaran mereka. Teba Bank akan meluncurkan produk asuransi pemakaman, dan telah menggunakan riset pasar untuk menentukan kampanye publisitas. Baru-baru ini, Ekuitas telah menggunakan riset pasar dan pendekatan sistematis MicroSave-Afrika untuk biaya dan pilot-testing untuk mengembangkan dua produk baru, termasuk Jijenge, sebuah produk tabungan kontrak yang telah menarik jumlah besar klien untuk institusi. 
Kedua, marilah kita kembali kepada klien dan institusi. Fokus di sini adalah pada sistem dan
perubahan kelembagaan yang LKM membuat ketika mereka berupaya untuk melembagakan fokus klien. Menyentuh pada dua isu: 
a. klien basis data. 
b. sumber daya manusia: harus ada juara produk atau klien dalam 

Ada banyak cara untuk mempertimbangkan sumber daya manusia. Biarkan saya berbagi pengalaman dari LKM kecil di Honduras, yang telah bergerak jauh ke arah menjadi klien-dipimpin. 
Bagian dari strateginya adalah untuk melatih beberapa staf lini depan untuk melakukan riset pasar pada kepuasan klien. Selain itu, telah diatur di tempat sistem pelaporan yang mudah untuk pinjaman petugas, menghasilkan temuan kredibel, dan mendorong arus informasi vertikal antara manajemen senior dan staf lini depan.
Dua hal lain yang layak disebut: 
• Proses ini memerlukan waktu sebagai staf lini depan belajar untuk menerima kritik klien bukan sebagai tanda hitam, tetapi sebagai sebuah kesempatan untuk meningkatkan penyerahan jasa kepada klien mereka. 
  
  
• Dengan cara yang sama, para klien belajar secara bertahap yang mengkritisi jasa LKM
dan produk tidak akan menyebabkan penolakan layanan, tetapi cara untuk membawa tentang perubahan untuk menurunkan biaya transaksi mereka dan pada gilirannya, menurunkan biaya LKM. 
Untuk ini LKM, biaya pembangunan kapasitas sumber daya manusia di daerah ini belum 
sangat tinggi dan manfaat jasa tersebut telah cukup. Banyak di antara staf garis depan sekarang memiliki peran lebih dari sekedar membuat pinjaman dan mengumpulkan pembayaran.Mereka tahu bagaimana mengumpulkan informasi klien secara sistematis. Promosi untuk penelitian pasar baru fungsinya adalah sebuah hadiah untuk petugas pinjaman yang lebih baik dan sekarang dibangun ke dalam insentif staf sistem. Di antara dampak telah tingkat pergantian staf yang lebih rendah, retensi tarif klien yang lebih tinggi , dan memiliki tingkat produktivitas pegawai gilirannya kredit ditingkatkan. Untuk kedua klien dan pinjaman petugas, proses ini telah memberdayakan. Masing-masing telah memperoleh suara dalam bagaimana LKM melakukan bisnis.
Bagaimana untuk mengamankan saham yang solid? Persaingan ada dimana-mana dan tidak terbatas hanya LKM lain yang bersaing untuk klien yang sama. Peserta juga termasuk segudang sumber-sumber kredit informal, seperti ROSCAs, kredit pemasok, keluarga dan teman. Dari perspektif klien, kita perlu mengambil ini pesaing serius. Mereka tampaknya berada di sini untuk tetap tidak peduli apa terobosan yang kita pikir dan kita telah buat dengan keuangan mikro.   
  
# Bangladesh: Keuangan Mikro, bahkan ketika sudah tersedia, rata-rata 16 
persen dari nilai transaksi keuangan atau 10 persen dari total 
jumlah transaksi antara 42 rumah tangga (Rutherford 2002). 

# Peru: 58% dari peminjam Mibanco memiliki hutang lainnya. Total utang klien 
dibagi secara merata antara sumber formal dan informal (Dunn dan 
Arbuckle, 2001). 

# India, pinjaman dari Bank SEWA tidak menurunkan utang dari sumber lain, kebanyakan informal. SEWA peminjam memiliki sebanyak non-SEWA utang sebagai kelompok lain. Sedikit digunakan SEWA mereka pinjam untuk membayar utang lain (Chen dan Snodgrass 2001).

Menarik dan mempertahankan klien memerlukan strategi pemasaran yang menunjukkan nilai produk Anda ke klien.
Konferensi di Moskow dengan Kenan Crnkic, operasi manajer EKI, sebuah LKM di Bosnia Herzegovina. Baginya, bisnis ini hanya dapat berhasil jika kita memahami œ 4 P tidak produk, harga, tempat dan promosi, tetapi orang, orang, orang, dan orang-orang. Ia berbagi dengan kami, penelitian pasar yang EKI lakukan untuk memposisikan dirinya di pasar dan untuk membedakan "brand." EKI belajar bahwa persepsi staf produk mereka dan keuntungan mereka berbeda secara signifikan dari klien mereka. Staf diasumsikan bahwa atribut produk yang penting kepada klien adalah suku bunga dan periode pembayaran. riset pasar mereka pada klien menunjukkan hasil yang berbeda. Program klien atribut yang dianggap penting adalah 
fleksibilitas persyaratan agunan dan periode pembayaran diikuti dengan pinjaman jumlah. Di pasar yang sangat kompetitif di mana EKI beroperasi, kebutuhan untuk membedakan diri di pasar adalah lebih dari sekedar produk. Informasi ini digunakan oleh EKI untuk memposisikan dirinya di pasar, untuk mendefinisikan citra serta merestrukturisasi produk-produknya. Temuan dari riset pasar juga mengingatkan kita sekali lagi mengapa riset pasar begitu berharga: staf sering salah, mereka tidak selalu tahu apa yang dinilai oleh klien. 
Sebelum mengakhiri, saya ingin menyentuh pada dua isu terakhir. Yang pertama adalah bagaimana dan kedua adalah biaya. Beralih ke yang pertama, apa alat yang kita miliki? Kabar baiknya adalah bahwa lapangan telah dikembangkan sebuah array alat riset pasar untuk memahami klien kami dan untuk Alamat pengembangan produk baru. Dua melengkapi alat kit yang dapat membimbing LKM melalui langkah-langkah riset pasar pengumpulan informasi klien, menganalisis dan membantu untuk menentukan desain produk meliputi: Klien TUJUAN / SEEP Praktisi yang dipimpin Alat penilaian yang dikembangkan oleh USAID dan MicroSave-Afrika Riset Pasar untukKeuangan Mikro alat kualitatif. Saat ini, Keuangan Mikro Peluang dan MicroSave- Afrika bekerja sama untuk menggabungkan kedua kit alat menjadi serangkaian pelatihan materi pada VCD. The-Mendengarkan Klien "Set Peralatan akan terdiri dari 23 modul, setiap sesi pelatihan secara visual menggambarkan hidup yang dapat digunakan untuk melatih staf LKM untuk menerapkan pilihan alat, untuk belajar mandiri dan dengan konsultan untuk melaksanakan pasar penelitian tugas. 
Apakah skala saya operasi dan peluang potensi pertumbuhan surat perintah itu? 
Biaya adalah: 
1. Mengembangkan keterampilan riset pasar dalam organisasi.
2. Melakukan riset pasar, baik yang menggunakan sumber daya internal maupun eksternal.  
  
Yang pertama adalah hangus biaya yang berkaitan dengan pembangunan kapasitas.Yang kedua bisa bervariasi namun seharusnya tidak pernah dilihat secara terpisah dari keuntungan yang bisa mengalir lebih dari pelayanan pengiriman yang efektif . Pelaksanaan alat jelas padat karya, sehingga biaya akan bervariasi. Selain itu, mengumpulkan informasi hanya satu biaya. Ada juga waktu yang dihabiskan analisis dan staf senior meyakinkan bahwa perubahan yang diperlukan. Satu lembaga saya bertemu mengambil satu tahun untuk meyakinkan Dewan untuk membuat modifikasi produk yang sudah ada. Tetapi sebagai contoh dari EBS menyarankan, jika Anda bisa melakukannya dengan benar, peningkatan pendapatan dan laba 
sangat besar. Contoh dari ODEF menggambarkan bagaimana sekali staf yang terlatih, 
riset pasar dapat menjadi proses yang berkelanjutan pengumpulan data dan analisis, diikuti oleh perubahan tambahan dilakukan dengan cepat dan dengan biaya yang relatif rendah. kebijakan Mayor Perubahan mungkin memerlukan konsultasi Board atau perubahan besar pada MIS dan sistem lainnya, yang jelas lebih berat. 



Kesimpulan: 
Untuk kembali ke kata-kata pembukaan saya, riset pasar untuk keuangan mikro, dan klien yang dipimpin keuangan mikro, masuk akal bisnis yang baik. Ini harus dilakukan oleh semua orang, apakah mereka memasuki pasar geografis baru, atau telah sekitar sementara dan ingin 
meningkatkan pangsa pasar mereka sebagai meningkatkan persaingan. Sebagai contoh EBS menunjukkan ini hadiah yang baik. Sebagai contoh teba Bank menunjukkan, tidak melakukan pasar penelitian dan itu salah, bisa mahal. Seperti Kenan menekankan, mengingat pasar saat ini kondisi, riset pasar tidak lagi menjadi pilihan bagi banyak LKM. Hal ini diperlukan untuk kelangsungan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar