_

Sabtu, 31 Maret 2012

Mengatur Equalizer Bass

Pada dasarnya tidak ada aturan khusus bagaimana cara mengatur equalizer ampli, tidak ada benar atau salah dalam pengaturannya. Apa yang dihasilkan dari pengaturanmu adalah hal yang unik. Pada lagu Undisclose Desires - MUSE, suara slap pada bass Chris hampir tidak ada suara low malahan cenderung sangat High. Hal ini cukup memberikan inspirasi bahwa tidak selamanya bass itu Low.
berikut ini beberapa panduan dasar sebelum kamu bereksperimen dengan suaramu :
Umumnya equalizer ampli bass hanya terdiri dari 3 komponen, yaitu Low, Mid dan High, dan semua komponen itu bisa menghasilkan suara yang unik tergantung bagaimana pengaturannya.
1. Untuk setelan suara flat/standar posisikan semua knop ke arah jam 12, atau jika equalizernya bertipe slide, posisikan di tengah-tengah (angka 0)
2. kenali aliran yang akan kamu mainkan. Untuk lagu rock Lebih berkonsentrasilah pada knop komponen low karena biasanya lagu Rock lebih mengutamakan suara low. sebagai contoh pengaturannya Low:3, Mid:12, High:11 (angka menunjukan arah jam)
3. Untuk Slapping, biasanya pengaturannya lebih difokuskan pada midle dan high.
4. Jika kamu merasa kerepotan dalam pengaturan equalizer ampli, kamu mengatur posisi High dan Low secara seimbang dan midle di tengah-tengah (misal: low=2 Mid=12 high=2), atau jika  amplimu menggunakan tipe slide, aturlah equalizernya berbentuk huruf "V". ini adalah bentuk normal yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang.
5. Pakai perasaan. tidak hanya dalam membuat lagu saja yang harus menggunakan perasaan, dalam pengaturan equalizerpun disarankan untuk menggunakan perasaan. Perasaanmu bisa mempengaruhi karakter suaramu jadi temukan suaramu di hatimu.
6. Selain mengatur equalizer pada ampli, dengan menggunakan efek equalizer kamu bisa lebih bereksperimen. Biasanya jika menggunakan Efek equalizer posisi equalizer pada ampli diatur dalam posisi flat/datar, (semua komponen berada di tengah).
Sekali lagi tidak ada aturan khusus dalam pengaturan equalizer, tidak ada benar atau salah dalam pengaturan equalizer. Ciptakan suaramu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar