_

Senin, 10 Oktober 2011

Jurnal Perilaku Konsumen


METODE PENELITIAN
Desain Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriftif bertujuan mendeskripsikan bauran penjualan eceran (retailing mix) pada Ramayana departmentt store Kota Jambi, serta citra Ramayana department store Kota Jambi. Sedangkan penelitian verifikatif bertujuan menguji pengaruh bauran penjualan eceran (retailing mix) terhadap citra Ramayana department store  Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriftif dan survey eksplanatory. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen Ramayana departmentt storKota Jambi, berukuran 100 responden.

Jenis dan Sumber Data
Adapun jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan sumber data yaitu data primer data skunder.

Teknik Penarikan Sampel
Populasi adalah Keseluruhan subjek penelitian (Arikunto, 1993:102). Dari pendapat tersebut, maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Ramayana department store Kota Jambi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Ramayana Department Store  Kota Jambi selama periode April hingga September 2007, yang berjumlah 16.859 orang. Mengingat besarnya jumlah populasi, maka peneliti mengambil sampel sebagai responden. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 100 orang.


Operasional Variabel


Tabel 2. Operasionalisasi Variabel
Variabel

(1)
Sub.
Variabel
(2)
Konsep variabel

(3)
Indikator

(4)
Ukuran

(5)
Skala

(6)
Bauran
Penjualan Eceran (Retailing Mix)
Kombinasi dari lokasi, harga, promosi, display, pelayanan. Konsumen, dan variasi
barang dagangan yang digunakan untuk memuaskan pasar sasaran
Ordinal
Produk/
Barang
Dagangan
Variasi produk
yang ditawarkan baik kualitas, merk dan kemasan
 Kualitas Produk

 Keanekaragam an merk produk

 Kelengkapan produk
 Tingkat kualitas
produk
 Tingkat keanekaragaman produk
 Tingkat kelengkapan produk
Ordinal

Ordinal


Ordinal
Harga
Harga jual
produk yang ditetapkan perusahaan
 Kewajaran harga

 Kesesuaian harga dengan nilai barang
 Tingkat kewajaran
harga
 Tingat kesesuaian dengan nilai barang
Ordinal

Ordinal
Bauran
lokasi
Keputusan
perusahaan berkaitan dengan dimana operasi dan stafnya akan ditempatkan
 Keuntungan lokasi

 Lokasi yang strategis
 Kemudahan sarana transportasi
 Tingkat keuntungan
lokasi
 Tingkat lokasi yang strategis
 Tingkat kemudahan sarana transportasi
Ordinal

Ordinal

Ordinal
Promosi
Unsur promosi
yang dilakukan oleh perusahaan
 Daya tarik iklan

 Daya tarik brosur
 Daya tarik
personal selling

 Daya tarik sales promotion
 Daya tarik
publicity
 Tingkat daya tarik
iklan
 Tingkat daya tarik brosur
 Tingkat daya tarik
personal selling
 Tingkat daya tarik
sales promotion
 Tingkat daya tarik
publicity
Ordinal

Ordinal Ordinal Ordinal Ordinal

Fasilitas
fisik
Suatu hal yang
secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan
 Ketersediaan
tempat parkir
 Ketersediaan kamar kecil
 Arsitektur dan tata cahaya lampu
   Ketersediaan penitipan barang
 Kebersihan
 Tingkat ketersediaan
tempat parkir
 Tingkat ketersediaan kamar kecil
 Tingkat daya tarik arsitektur
 Tingkat ketersediaan tempat penitipan
 Tingkat kebersihan
Ordinal

Ordinal Ordinal Ordinal Ordinal

Pelayanan
Upaya
perusahaan dalam melaksanakan aktivitas usahanya
 Kemudahan
pembayaran dengan kartu kredit
 Kebijakan mengantar pembeli
 Pelayanan
customer service
 Tingkat kemudahan
pembayaran dengan kartu kredit

 Tingkat kebijakan mengantar pembeli
   Tingkat pelayanan
customer service
Ordinal



Ordinal


Ordinal
Wiraniaga
Aktivitas
karyawan yang melayani dan berhubunagn langsung dengan konsumen
 Keramahan
wiraniaga
 Kesiapan wiraniaga membantu konsumen
 Tingkat keramahan
wiraniaga
 Tingkat kesiapan wiraniaga membantu konsumen
Ordinal

Ordinal
Citra
Departmentt
Store
Brand image is a set of associations, ussualy organized in some miningful way

Reputati
on

 Seberapa kuat
brand perusahaan dikenal oleh konsumen
 Tingkat pengenalan
konsumen terhadap
brand perusahaan
Ordinal

Recogniti on

 tingginya nilai
perusahaan dalam persepsi konsumen
 Tingkat tingginya
nilai perusahaan dalam persepsi konsumen
Ordinal
Affinity

 hubungan
emosional (emational relationship) yang terjadi antara
brand departmentt store dengan
pelanggan
 Tingkat Hubungan
emosional (emational relationship) yang terjadi antara brand departmentt store dengan pelanggan
Ordinal
Brand loyality

 seberapa jauh
kesetiaan konsumen menggunakan jasa/pelayanan perusahaan
 Tingkat kesetiaan
konsumen menggunakan jasa/pelayanan departmentt store
Ordinal









Sumber : Davidson, (1998)

HASIL DAN PEMBAHASAN Karakteristik Responden
Dari hasil pengolahan data dari kuesioner yang disebarkan, diperoleh karakteristik responden sebagai berikut :

Tabel 3. Jenis Kelamin Responden
Jenis Kelamin
Frekuensi (Orang)
Persentase (%)
Pria
22
22,0
Wanita
88
88,0
Jumlah
100
100
Sumber : Kuesioner Yang Telah Diolah

Dari tabel 3 terlihat bahwa mayoritas responden adalah wanita, sedangkan sisanya adalah pria. Ini menunjukkan bahwa aktivitas berbelanja di Ramayana Department Store Kota Jambi lebih didominasi oleh wanita.