METODE PENELITIAN
Desain Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriftif bertujuan mendeskripsikan bauran penjualan eceran (retailing mix) pada Ramayana departmentt store Kota Jambi, serta citra Ramayana department store Kota Jambi. Sedangkan penelitian verifikatif bertujuan menguji pengaruh bauran penjualan eceran (retailing mix) terhadap citra Ramayana department store Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriftif dan survey eksplanatory. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen Ramayana departmentt store Kota Jambi, berukuran 100 responden.
Jenis dan Sumber Data
Adapun jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan sumber data yaitu data primer data skunder.
Teknik Penarikan Sampel
Populasi adalah Keseluruhan subjek penelitian (Arikunto, 1993:102). Dari pendapat tersebut, maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Ramayana department store Kota Jambi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Ramayana Department Store Kota Jambi selama periode April hingga September 2007, yang berjumlah 16.859 orang. Mengingat besarnya jumlah populasi, maka peneliti mengambil sampel sebagai responden. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 100 orang.
Operasional Variabel
Tabel 2. Operasionalisasi Variabel
Variabel
(1)
|
Sub.
Variabel
(2)
|
Konsep variabel
(3)
|
Indikator
(4)
|
Ukuran
(5)
|
Skala
(6)
| ||
Bauran
Penjualan Eceran (Retailing Mix)
|
Kombinasi dari lokasi, harga, promosi, display, pelayanan. Konsumen, dan variasi
barang dagangan yang digunakan untuk memuaskan pasar sasaran
|
Ordinal
| |||||
Produk/
Barang
Dagangan
|
Variasi produk
yang ditawarkan baik kualitas, merk dan kemasan
|
Kualitas Produk
Keanekaragam an merk produk
Kelengkapan produk
|
Tingkat kualitas
produk
Tingkat keanekaragaman produk
Tingkat kelengkapan produk
|
Ordinal
Ordinal
Ordinal
| |||
Harga
|
Harga jual
produk yang ditetapkan perusahaan
|
Kewajaran harga
Kesesuaian harga dengan nilai barang
|
Tingkat kewajaran
harga
Tingat kesesuaian dengan nilai barang
|
Ordinal
Ordinal
| |||
Bauran
lokasi
|
Keputusan
perusahaan berkaitan dengan dimana operasi dan stafnya akan ditempatkan
|
Keuntungan lokasi
Lokasi yang strategis
Kemudahan sarana transportasi
|
Tingkat keuntungan
lokasi
Tingkat lokasi yang strategis
Tingkat kemudahan sarana transportasi
|
Ordinal
Ordinal
Ordinal
| |||
Promosi
|
Unsur promosi
yang dilakukan oleh perusahaan
|
Daya tarik iklan
Daya tarik brosur
Daya tarik
personal selling
Daya tarik sales promotion
Daya tarik
publicity
|
Tingkat daya tarik
iklan
Tingkat daya tarik brosur
Tingkat daya tarik
personal selling
Tingkat daya tarik
sales promotion
Tingkat daya tarik
publicity
|
Ordinal
Ordinal Ordinal Ordinal Ordinal
| |||
Fasilitas
fisik
|
Suatu hal yang
secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan
|
Ketersediaan
tempat parkir
Ketersediaan kamar kecil
Arsitektur dan tata cahaya lampu
Ketersediaan penitipan barang
Kebersihan
|
Tingkat ketersediaan
tempat parkir
Tingkat ketersediaan kamar kecil
Tingkat daya tarik arsitektur
Tingkat ketersediaan tempat penitipan
Tingkat kebersihan
|
Ordinal
Ordinal Ordinal Ordinal Ordinal
| |||
Pelayanan
|
Upaya
perusahaan dalam melaksanakan aktivitas usahanya
|
Kemudahan
pembayaran dengan kartu kredit
Kebijakan mengantar pembeli
Pelayanan
customer service
|
Tingkat kemudahan
pembayaran dengan kartu kredit
Tingkat kebijakan mengantar pembeli
Tingkat pelayanan
customer service
|
Ordinal
Ordinal
Ordinal
| |||
Wiraniaga
|
Aktivitas
karyawan yang melayani dan berhubunagn langsung dengan konsumen
|
Keramahan
wiraniaga
Kesiapan wiraniaga membantu konsumen
|
Tingkat keramahan
wiraniaga
Tingkat kesiapan wiraniaga membantu konsumen
|
Ordinal
Ordinal
| |||
Citra
Departmentt
Store
|
Brand image is a set of associations, ussualy organized in some miningful way
| ||||||
Reputati
on
|
Seberapa kuat
brand perusahaan dikenal oleh konsumen
|
Tingkat pengenalan
konsumen terhadap
brand perusahaan
|
Ordinal
| ||||
Recogniti on
|
tingginya nilai
perusahaan dalam persepsi konsumen
|
Tingkat tingginya
nilai perusahaan dalam persepsi konsumen
|
Ordinal
| ||||
Affinity
|
hubungan
emosional (emational relationship) yang terjadi antara
brand departmentt store dengan
pelanggan
|
Tingkat Hubungan
emosional (emational relationship) yang terjadi antara brand departmentt store dengan pelanggan
|
Ordinal
| ||||
Brand loyality
|
seberapa jauh
kesetiaan konsumen menggunakan jasa/pelayanan perusahaan
|
Tingkat kesetiaan
konsumen menggunakan jasa/pelayanan departmentt store
|
Ordinal
| ||||
Sumber : Davidson, (1998)
HASIL DAN PEMBAHASAN Karakteristik Responden
Dari hasil pengolahan data dari kuesioner yang disebarkan, diperoleh karakteristik responden sebagai berikut :
Tabel 3. Jenis Kelamin Responden
Jenis Kelamin
|
Frekuensi (Orang)
|
Persentase (%)
|
Pria
|
22
|
22,0
|
Wanita
|
88
|
88,0
|
Jumlah
|
100
|
100
|
Sumber : Kuesioner Yang Telah Diolah
Dari tabel 3 terlihat bahwa mayoritas responden adalah wanita, sedangkan sisanya adalah pria. Ini menunjukkan bahwa aktivitas berbelanja di Ramayana Department Store Kota Jambi lebih didominasi oleh wanita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar